baby cerdas mau?

November 13, 2008

Assalamu’alaykum warohmatullohi wabarakaatuuhu….

Khaifa khalukum ikhwah fillah…..

Subhanalloh rasanya sangat rindu dengan antunna semua. Lama tak up date blog ini…..Setelah UTS kelar, Rasanya benar-benar plong! Seperti keluar dari suatu beban yang luar biasa. Walau setelah ini pasti akan ada ujian hidup yang harus kita lalui.

Habis main dari mbak kos sebelah, aku menemukan artikel menarik tentang “kecerdasan otak anak”di suatu majalah yang dipublish pada halaman ke-11. Kebetulan akhir-akhir ini lagi menyukai hal-hal yang berbau anak dan rumah-tangga…mungkin panggilan nurani untuk menyiapkan perbekalan, untuk mengarungi madrasah kehidupan kelak. Dan saya merasa sangat egois jika artikel ini hanya untuk konsumsi pribadi saja. Semoga ini bisa bermanfaat buat antunna juga, mampu menambah bekal kita untuk menjalani kehidupan selanjutnya, saat berumah tangga nanti. Karena antunna adalah muslimah!!! Maka jadilah sosok ibunda yang solutif dan berwawasan global. Tentunya isteri yang cerdas!

GA( Gangliosida), optimalkan Koneksi Sel Otak Agar Belajar lebih Cepat.

Memiliki anak yang sehat dan cerdas tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Kecerdasan adalah modal yang tak ternilai bagi anak untuk mengarungi kehidupan.

Untungnya, untuk menjadi cerdas ternyata bukanlah harga mati. TAhukan Anda bahwa perkembangan kecerdasan, kreatifitas dan perilaku si baby sudah mulai sejak dia berada dalam kandungan? BAyi sudah belajar dari lingkungannya tepatnya sejak kehamilan 6 bulan. Ini tergantung pada kualitas fungsi otak anak. Kualitas fungsi otak tergantung pada banyaknya sel otak, percabangan sel otak (dendrite, axon) kuantitas dan kualitas synape (hubungan antar sel otak), serta banyaknya neuro transmitter (zat yang pengaktif sylape), dan kualitas myelin.

Setiap bayi yang baru lahir memiliki 100 miliar sel otak. Namun belum semua sel otak bayi saling terhubung. Untuk mendapatkan kualitas sel otak yang baik, sel otak bayi harus saling terhubung dan berkembang, kekuatan dan jumlah hubungan baru antar sel syaraf tersebut merupakan dasar untuk memorinya. Makin banyak sel syaraf yang terbentuk dan bersambung, makin besar kapasitas memori otaknya. Untuk membantu mengoptimalkan hubungan antar sel tersebut dapat dilakukan melalui pemberian nutrisi untuk otak dan stimulasi dari lingkungan. Salah satu nutrisi yang berperan pada perkembangan otak adalah Gangliosida.

Gangliosida dibutuhkan otak si bayi karena membantu pembentukan sinapsis, yang merupakan penghubung antar sel-sel otak sehingga pesan atau informasi dapat tersimpan dan terkirim secara optimal. Jumlah hubungan antar sel otak tersebut menjadi dasar untuk memori manusia, sehingga jika hubungan antar sel syaraf yang semakin kuat akan membuat kemampuan bayi untuk belajar dan mengingat semua informasi akan semakin baik.

Hasil penelitian membuktikan gangliosida berperan antara lain untuk pertumbuhan sel syaraf, membantu migrasi sel neuron, membantu pembentukan struktur otak, dan mendukung kemampuan memori otak.

Gangliosida terkonsentrasi pada otak, membentuk 10% dari jaringan lemak otak, terutama pada bagian cerebral korteks, khususnya pada hubungan antar sel otak (sinapsis). Gangliosida pada otak jumlahnya 15 kali lebih banyak disbanding yang ada pada organ tubuh lainnya, menunjukkan pentingnya GA pada fungsi otak.

Gangliosida terdapat dalam Air Susu Ibu (ASI), susu sapi, daging, dan telur (produk hewani),. BAyi yang diberi ASI memiliki jumlah Gangliosida yang lebih tinggi pada otaknya disbanding bayi yang diberi susu formula biasa tanpa tambahan Gangliosida. Pemberian Gangliosida melalui asupan makanan seperti ASI penting untuk meningkatkan kadarnya dalam otak.

Disamping nutrisi, stimulasi juga penting. Pada trimester ketiga kehamilan hingga anak usia 2.5 tahun merupakan periode emas pertumbuhan otak anak atau yang dikenal sebagai “Barin Growth Spurt”. Pada masa ini terjadi percepatan pertambahan berat otak dan pertumbuhan sel-sel syaraf otak, jumlah dan hubungan yang terbentuk antar sel syaraf tersebut akan menentukan kinerja otak dari mulai kemampuan berkomunikasi hinggag bersosialisasi. Otak anak memerlukan input stimulasi yang cukup dan sesuai. Bagi bayi, ibu adalah sumber pemberi stimulasi yang utama. Riset menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengalaman social tertentu (seperti jumlah kontak interpersonal yang diterima seorang anak, contohnya digendong, dibuai, disentuh) dengan kecerdasan seorang anak

(Tabloid Nova, 27 Okt-2 Nov’08 by Ines Gulardi, Msc)

Gimana ukh habis baca artikel diatas? Anak cerdas yang kita harapkan bukan? Semoga kita mampu mengambil hikmah dari sesuatu hal…

Wallahu’alam bi showab

Wassalamu’alaykum warohmatullohi wabarakaatuuhu

cerdas ur Baby, mau??

November 13, 2008

Assalamu’alaykum warohmatullohi wabarakaatuuhu….

Khaifa khalukum ikhwah fillah…..

Subhanalloh rasanya sangat rindu dengan antunna semua. Lama tak up date blog ini…..Setelah UTS kelar, Rasanya benar-benar plong! Seperti keluar dari suatu beban yang luar biasa. Walau setelah ini pasti akan ada ujian hidup yang harus kita lalui.

Habis main dari mbak kos sebelah, aku menemukan artikel menarik tentang “kecerdasan otak anak”di suatu majalah yang dipublish pada halaman ke-11. Kebetulan akhir-akhir ini lagi menyukai hal-hal yang berbau anak dan rumah-tangga…mungkin panggilan nurani untuk menyiapkan perbekalan, untuk mengarungi madrasah kehidupan kelak. Dan saya merasa sangat egois jika artikel ini hanya untuk konsumsi pribadi saja. Semoga ini bisa bermanfaat buat antunna juga, mampu menambah bekal kita untuk menjalani kehidupan selanjutnya, saat berumah tangga nanti. Karena antunna adalah muslimah!!! Maka jadilah sosok ibunda yang solutif dan berwawasan global. Tentunya isteri yang cerdas!

GA( Gangliosida), optimalkan Koneksi Sel Otak Agar Belajar lebih Cepat.

Memiliki anak yang sehat dan cerdas tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Kecerdasan adalah modal yang tak ternilai bagi anak untuk mengarungi kehidupan.

Untungnya, untuk menjadi cerdas ternyata bukanlah harga mati. TAhukan Anda bahwa perkembangan kecerdasan, kreatifitas dan perilaku si baby sudah mulai sejak dia berada dalam kandungan? BAyi sudah belajar dari lingkungannya tepatnya sejak kehamilan 6 bulan. Ini tergantung pada kualitas fungsi otak anak. Kualitas fungsi otak tergantung pada banyaknya sel otak, percabangan sel otak (dendrite, axon) kuantitas dan kualitas synape (hubungan antar sel otak), serta banyaknya neuro transmitter (zat yang pengaktif sylape), dan kualitas myelin.

Setiap bayi yang baru lahir memiliki 100 miliar sel otak. Namun belum semua sel otak bayi saling terhubung. Untuk mendapatkan kualitas sel otak yang baik, sel otak bayi harus saling terhubung dan berkembang, kekuatan dan jumlah hubungan baru antar sel syaraf tersebut merupakan dasar untuk memorinya. Makin banyak sel syaraf yang terbentuk dan bersambung, makin besar kapasitas memori otaknya. Untuk membantu mengoptimalkan hubungan antar sel tersebut dapat dilakukan melalui pemberian nutrisi untuk otak dan stimulasi dari lingkungan. Salah satu nutrisi yang berperan pada perkembangan otak adalah Gangliosida.

Gangliosida dibutuhkan otak si bayi karena membantu pembentukan sinapsis, yang merupakan penghubung antar sel-sel otak sehingga pesan atau informasi dapat tersimpan dan terkirim secara optimal. Jumlah hubungan antar sel otak tersebut menjadi dasar untuk memori manusia, sehingga jika hubungan antar sel syaraf yang semakin kuat akan membuat kemampuan bayi untuk belajar dan mengingat semua informasi akan semakin baik.

Hasil penelitian membuktikan gangliosida berperan antara lain untuk pertumbuhan sel syaraf, membantu migrasi sel neuron, membantu pembentukan struktur otak, dan mendukung kemampuan memori otak.

Gangliosida terkonsentrasi pada otak, membentuk 10% dari jaringan lemak otak, terutama pada bagian cerebral korteks, khususnya pada hubungan antar sel otak (sinapsis). Gangliosida pada otak jumlahnya 15 kali lebih banyak disbanding yang ada pada organ tubuh lainnya, menunjukkan pentingnya GA pada fungsi otak.

Gangliosida terdapat dalam Air Susu Ibu (ASI), susu sapi, daging, dan telur (produk hewani),. BAyi yang diberi ASI memiliki jumlah Gangliosida yang lebih tinggi pada otaknya disbanding bayi yang diberi susu formula biasa tanpa tambahan Gangliosida. Pemberian Gangliosida melalui asupan makanan seperti ASI penting untuk meningkatkan kadarnya dalam otak.

Disamping nutrisi, stimulasi juga penting. Pada trimester ketiga kehamilan hingga anak usia 2.5 tahun merupakan periode emas pertumbuhan otak anak atau yang dikenal sebagai “Barin Growth Spurt”. Pada masa ini terjadi percepatan pertambahan berat otak dan pertumbuhan sel-sel syaraf otak, jumlah dan hubungan yang terbentuk antar sel syaraf tersebut akan menentukan kinerja otak dari mulai kemampuan berkomunikasi hinggag bersosialisasi. Otak anak memerlukan input stimulasi yang cukup dan sesuai. Bagi bayi, ibu adalah sumber pemberi stimulasi yang utama. Riset menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengalaman social tertentu (seperti jumlah kontak interpersonal yang diterima seorang anak, contohnya digendong, dibuai, disentuh) dengan kecerdasan seorang anak

(Tabloid Nova, 27 Okt-2 Nov’08 by Ines Gulardi, Msc)

Gimana ukh habis baca artikel diatas? Anak cerdas yang kita harapkan bukan? Semoga kita mampu mengambil hikmah dari sesuatu hal…

Wallahu’alam bi showab

Wassalamu’alaykum warohmatullohi wabarakaatuuhu

Indahnya I’tikaf dikampus

September 22, 2008

Alhamdulillah….akhirnya setelah sekian lama g bisa i’tikaf (biasa karena aku akhowat) akhirnya ramadhan kali ini diberi kesempatan. Hmm..sungguh indah!Nikmatnya beribadah sungguh ana rasakan betul….apalagi yang namanya kompetisi, wuih…salut buat mbak2nya yang bisa wayangan non stop.

Rasanya lebih indah, karena bisa sahur serantang berdua. Trimakasih ndras…besok lagi yah! yah inilah kami..walau sudah terpisahkan kost tapi kebersamaan itu masih ada. Semua pasti iri melihat kemesraan kami sebagai seorang sahabat…kita banyak persamaan ya. minimal 3 C ( cantik, cerdas, centil) he..he..

Saya Harus Minimal Kaya

Agustus 8, 2008

Saya tidak ingin Miskin!!!
Saya harus kaya karena aku punya Alloh SWT yang maha kaya!!!

Hm…melihat pengeluaran yang akhir-akhir ini begitu membengkak, sedang pemasukan tidak ada. Dengan sangat lantang saya harus mengeluarkan jargon seperti di atas, dengan menekan pengeluaran seminimal mungkin. Akhwat identik dengan pemborosan. salah satunya adalah aku. memang susah bin angel untuk menghindarkan diri dari sifat konsumtif, apalagi berteman dengan anak-anak yang suka shoping. Aduh….uang serasa nggak tahan lama di dompet. Yah…semoga dengan ada perombakan sistem keuangan bisa merubah nasib keuangan saya menjadi lebih baik!

Puskomda Fund Monetary

Agustus 8, 2008

Assalamu’alaykum wr,wb….

::::P-M-F:::::::P-M-F:::::::P-M-F:::

PMF? Apa ya….PMF?eh ente tahu nggak frend?…
Hmmm…apa ya? Baru dengar juga…tapi kalo nggak salah punya puskomda solo dech!
Anda benar!!! Hebat..tahu dari mana frend?…Perasaan belum tak bocori??? Tahu dari neng kheisya ya?….


belum pada tahu ya?……
Yap betul sekali P-M-F, singkatan dari Puskomda Monetary Fund….Ini adalah ladang usahanya anak-anak puskomda ( Puskomda kan harus kaya..benar nggak?!). yah..walau PMF baru saja di gulirkan semoga keberadaannya dapat meringankan antum/na yang selama ini mengalami kesulitan dalam membuat spanduk, membuat dress code lembaga atau umum ( Jaket, kaos, jilbab) dan berbagai macam aksesoris misal pin cantik, gantungan kunci. Sekarang tinggal ambil HP antum dan sms ke no 085641658552, antum bisa memesan seabrek keperluan itu. Di jamin harga miring deh! Dan pas banget buat lembaga-lembaga antum. Di tunggu kerja samanya.

waslmkm wr.wb

Terima kasih

JARMUSDA SOLO RAYA GO TO USB

Agustus 8, 2008

Ikutan Jarmusda Beraksi yuk…

Jangan heran jika antunna akhir-akhir ini melihat jarmusda berkeliberan wira-wiri malang melintang di eks karisidenan surakarta. “Road show Go to LDK”, mungkin itu julukan yang cocok yang dapat diberikan kepada JARMUS, setelah kemarin (6/ 8 ) mengunjungi jarmus di universitas widya dharma klaten bersama-sama dengan koordinasi zona III, jarmusda solo-raya mengulangi aksinya dengan mengadakan kunjungan ke salah satu LDK yang terletak di kawasan zona 1 (wilayah utara solo), yaitu FOSMI universitas Setia budi, USB yang terletak tidak jauh dari universitas sebelas maret. Tentunya aksi ini dilakukan dengan beberapa agenda disana, satu diantaranya adalah transfer hasil puskomdays dan juga beberapa I’dad untuk menyeru agenda besar jarmusnas yaitu IHSD ( International Hijab Solidarity Day), atau hari hijab dunia yang tepat diperingati pada tanggal 4 september tiap tahunnya.
Alhamdulillah acara ini berjalan cukup lancar, walau hanya duet antara puskomda dengan FOSMI USB cukup menarik juga. Acara yang diawali dengan presentasi profil FSLDK, tentunya profil yang disampaikan tidak jauh berbeda dengan yang disampaikan di unwidha kemarin, cuma ada pengurangan dan penambahan kata-kata baru sedikit. Acara ini dihadiri oleh beberapa akhwat, diantaranya u’ fenty dan u’ nurmala mewakili jarmusda solo raya, u’dewi, u’ sundari, u’ mini, u’eka, u’agustina, u’heny dan u’ulfa yang mewakili FOSMI USB. Acara ini hanya berdurasi sekitar dua jam-an, dimulai pukul 14.00 lebih dikit dan diakhiri pukul 16.00 WIB karena ada sebagian anggota forum yang mempunyai agenda ba’da ashar, tanpa harus mendhalimi agenda yang telah diagendakan sebelumnya, acara ini diselesaikan dengan penjelasan yang dipercepat oleh saudara presentator. Baca entri selengkapnya »

Agustus 7, 2008

Labkom brotherhood….kemarin sabtu tanggal 02 agustus mengepakkan sayapnya ke Te-We, negri nan jauh di ujung kota Karang Anyar. mau apa coba? Syuting?..syuro penting….

Keluarga baru-Q

Agustus 7, 2008

Assalamu’alaykum wr,wb

Baru beberapa bulan aku berkecimpung dengan amanah di jaringan muslimah daerah FSLDKN, rasanya hubunganku dengan mereka sudah sangat erat sekali. Aku merasa sangat memiliki keluarga baru, setelah kemarin melepaskan amanahku di SKI FMIPA UNS. Ada banyak akhowat tangguh disana, subhanalloh acungan 2 jempol buat kinerja mereka. Rasanya sangat minder diri ini kalau baru melakukan hal kecil saja sudah lantang mengucapkan kata-kata…” afwan ukhty ana sudah sangat lelah…ana sudah tidak mau beramanah lagi”. Sangat malu….

Pertama ditawari dengan amanah ini, agak ragu juga, pertanyaan yang terbesit dalam diri. Mampukah aku? Akankah amanah ini terpikul dengan tangguh di pundak ini? (agak hiperbolis ya..) Akhirnya….Bismillah…akupun menerimanya. Alhamdulillah…sangat senang sekali berkecimpung dengan mereka. Para akhowat tangguh ada u’ fenty, u’ arum, u’ ayu (semoga cepat sembuh ukh), u’ tari, u’anif’ u’linda, u’ umi….subhanaalloh aku perlu banyak belajar dari antunna semua.Bimbing diri ini ukh…untuk menjadi tangguh sepertimu.

Syukron jazakumulloh khoiron katsir….buat teman-teman puskomda! Mohon kerjasamanya….Semoga we get happy ending full barakah!!! amiin

Puskomda Go To UnWiDha

Agustus 7, 2008

Pusat Komunikasi Daerah solo-raya, rabu (6/8) adakan kunjungan ke universitas widya dharma klaten. Adapun tujuan dari silaturahmi ini adalah sebagai sarana konsolidasi zona III (puskomda solo) dan untuk transfer hasil puskomdays yang telah dilaksanakan oleh teman-teman puskomda 21-23 juli yang lalu di bandung. Rombongan kami yang hanya 5 orang, akhuna bagus selaku koordinator puskomda solo, akhuna aulia dari komisi isu, ukhtuna fenti hernawati selaku koordinator Jaringan muslimah (jarmus) puskomda solo, ukhtuna helmy perwakilan komisi LDK dan ukhtuna Nurmala dari komisi Jarmus juga. Walau 5 orang sudah cukup mewakili semua komisi yang ada di puskomda sendiri.
Sebenarnya acara ini bukan temu special antara puskomda dengan ldk ukmi unwidha saja, tetapi temu seluruh zona III, yang terdiri dari 7 ldk( Unwidha, STAIM Klaten, AKBID Klaten, AKBID boyolali, STIA madani, STIKES, AAM). Karena a agenda liburan, hanya AKBID klaten yang bisa hadir.Alhamdulillah acara lumayan lancar, Pertemuan kami dipecah menjadi 2 komisi untuk koordinasi. Komisi LDK dan ISU dijadikan satu komisi (karena keterbatasan SDM) yang bertempat di masjid kampus sedang komisi yang lainnya adalah JARMUS yang bertempat di secretariat UKMI unwidha. Jujur saja…saya tidak mengetahui secara gamblang apa yang menjadi pembahasan duet antara dua komisi tersebut. Karena saya sendiri berada di zona special, zona jaringan muslimah (jarmus). Mungkin pembahasan yang cukup dahsyat di sana, karena orang-orang yang idealis yang berkerumun disana.
Sedikit bercerita tentang koordinasi di jarmus….Tanpa banyak basa-basi, temu antar jarmuspun dimulai. “Bismillahirrahmanirrahim…” u’ fentipun memulai forum. Diawali dengan tilawah biar barakah, tausyah yang menggugah dan perkenalan singkat biar ma’rifah. Biar tidak hanya menjadi teman penulis saja, saya mau mengenalkan kepada antunna semua, teman-teman jarmus yang hadir tadi. Ada u’fenty & u’ nurmala (puskomda) yang khas dengan semangatnya insyaallah, u’ ery (Nisa UKMI UNWIDHA) lemah lembut dan murah senyum, dan U’umi dan u’amri ( Jarmus AKBID Klaten) tenang tapi aktif. Acara ini dibuka dengan pemutaran film profil FSLDK yang dibuat oleh teman-teman puskomnas (mungkin) yang dibawakan oleh u’ fenty. Tujuan dari ini jelas, mengenalkan profil FSLDK yang bisa kita jadikan payung untuk bernaung dan berlindung, yang menjadi forum ldk-ldk se-nasional, karena yang datang kebanyakan angkatan muda jadi tentang FSLDK perlu dikenalkan kembali kepada mereka, biar sense of belonging terhadap FSLDK naik. U’fenty cukup bersemangat dalam menyampaikan presentasi terkait ini, kemudian disusul dengan presentasi mengenai puskomda solo. Nah ini yang wajib ‘ain kita ketahui, bagaimana kita mau gerak kalau kita nggak kenal sama yang namanya puskomda dan jarmus?benar tidak?… (sedikit perkenalan) JARMUS adalah satu bagian dan komisi yang tak bisa kita partialkan dengan FSLDK. Dimana ada FSLDK pasti disitu ada jarmus. Baca entri selengkapnya »

aslmkm wr.wb

Agustus 1, 2008

Assalamu’alaykum wr.wb

pagi sobat….